Mengenal lebih dekat dengan kota Tasikmalaya

Sabtu, 30 April 2016

SPREADSHEET


Spreadsheet adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan simulasi kertas lembar kerja. Namun umumnya digunakan untuk mengolah data untuk dapat melakukan representasi data yang lebih baik, menghasilkan data baru, atau juga membuat database. Suatu aplikasi spreadsheet umumnya menampilkan sel-sel yang membentuk grid (garis­garis vertikal dan horizontal) yang terdiri dari row (baris)dan column (kolom). Tiap sel dapat berisi value yang berupa data teks atau data numerik. Dalam satu sel, dapat pula berisi formula yang menyatakan fungsi penghitungan untuk menampilkan isi sel tersebut. Karena kegunaan-kegunaan tersebut, spreadsheet merupakan salah satu aplikasi penting untuk kebutuhan finansial dan statistika, termasuk untuk mengolah data-data hasil percobaan atau riset.

Istilah-Istilah
  • Worksheet (Iembar kerja): Satu bidang kerja dalam dokumen spreadsheet. Defaultnya saat membuat dokumen baru pada Microsoft Office Excel, kita diberi 3 buah worksheet (biasa disebut sheet saja).
  • Cell (Sel): Satu kotak dalam worksheet.
  • Row (baris): Sekelompok sel dalam satu jajar horizontal.
  • Column (kolom): Sekelompok sel dalam satu jajar vertical.
  • Value: isi (data) dalam suatu sel.
  •  Function (Fungsi): Rumus siap pakai yang digunakan untuk membantu penghitungan. Umumnya, fungsi dilengkapi dengan argumen yang dapat berupa label, rumus, angka, alamat sel, atau range.
Cell Formating

Sel dalam excel dapat diformat dengan beberapa pilihan pemformatan, diantaranya Number, Alignment, Font, Border, Pattern, dan Protection. Format Protection hanya berpengaruh apabila worksheet dalam keadaan terproteksi.

1.     Ketikkan tabel sebagai berikut pada 'sheet I':

10000
10000
10000
10000
10000
10000
10000
31/03/2009
07:00
20,8





















2.  Pilih sel atau range yang akan diformat, untuk rnernilih beberapa sel yang berurutan (range), klik sel pertama, tahan shift, klik sel terakhir. Untuk memilih beberapa sel yang terletak tidak berurutan, klik tiap sel sambil menahan ctrl.
3.   Pilih menu Format, Cells atau tekan Ctrl + I, lalu pilih tab Number
4.   Pilih kategori format yang diinginkan pada kotak daftar pilihan Categori.
5.  Sekarang cobalah mengetikkan nama Anda pada beberapa sel kemudian atur tiap sel agar memiliki vertikal alignment dan horizontal alignment yang berbeda-beda yaitu: Left-top, Center-Center, Right-Bottom, dan Distributed-Center, dan Center-Center dengan orientation degree45 derajat.

Share:
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Visitor

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.

About